Home
FKM Unmul Ajak Civitas Akademika Berkebun
gallery5
share :

FKM Unmul Ajak Civitas Akademika Berkebun

Sebagai upaya penghijauan kampus serta memberdayakan lahan pasif menjadi lahan produktif di lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Mulawarman (Unmul) melaksanakan salah satu rangkaian awal kegiatan “FKM Unmul Berkebun”, Rabu (1/3). Kegiatan yang terselenggara di Gedung Baru FKM Unmul ini terdiri dari serangkaian kegiatan yang meliputi pelatihan pembuatan bokasi (pupuk organik), penyemaian benih, pengolahan lahan, penanaman bibit dan perawatan sampai pemanenan. Rencananya lahan yang ada akan ditanami oleh berbagai tanaman obat keluarga yaitu : jahe emprit, jahe merah, kunyit, serai dan tanaman lainnya termasuk sayur dan buah-buahan.

Kegiatan ini dimotori oleh UKM Ocean (Lingkungan) serta didukung oleh BEM FKM serta Lembaga dan Unit kemahasiswaan lainnya juga segenap civitas akademika FKM Unmul. Pelatihan pembuatan pupuk bokasi dihadiri setidaknya 80 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan FKM Unmul. Materi disampaikan oleh nara sumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalimantan Timur ini berisi tahap demi tahap pembuatan pupuk bokasi dan peserta pun antusias terhadap materi yang diberikan.

“Pelatihan pembuatan bokasi merupakan satu gerakan FKM Unmul berkebun yang ingin digoalskan oleh birokrat kampus. Kami mahasiswa merasa sangat bangga karena jarang sekali ada pelatihan seperti ini dan biasanya mahal untuk biaya pelatihannya.Tapi disini kita dapat dengan gratis”, tukas Sukmawati selaku peserta pelatihan. Kegiatan  dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk mempermudah praktek pembuatan pupuk bokasi setelahnya.

Serangkaian kegiatan pertama pada hari tersebut pun berakhir pada pukul 18.00 WITA dan akan berlanjut sampai fermentasi bokasi berhasil menjadi pupuk. Presiden BEM FKM Unmul turut menanggapi positif kegiatan ini. “Dengan adanya program dari birokrat ini, kita harapkan FKM Unmul bisa menjadi pelopor kampus hijau di lingkungan Unmul. Dan mungkin dapat menjadi fakultas percontohan untuk menggalakkan gerakan green campus yang telah di telurkan dari kepengurusan BEM FKM sebelumnya,” tutur M. Miftahul Mubarok.

“Besar harapannya kepada semua elemen civitas akademika FKM Unmul dapat menjalankan bersama program ini, apalagi untuk koordinator lapangan nanti kedepannya akan langsung di tangani oleh UKM FKM yang bergerak di bagian lingkungan. Harapan teknis kedepan dalam mewujudkan FKM hijau akan lebih terstruktur dan sistematis. Yok, mari berkebun, bersama kita hijaukan kampus ungu tercinta kita,” tukasnya. (hms/rob)

Tinggalkan Komentar