Home
11 Tangkai Lomba Warnai MTQM Unmul 2017
gallery5
share :

11 Tangkai Lomba Warnai MTQM Unmul 2017

Ruang Serbaguna Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi tempat terselenggaranya Seleksi Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) 2017, Senin (08/05). Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan mensyiarkan kandungan Al-Quran ini merupakan agenda rutin setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Tahun ini sebanyak 109 peserta perwakilan dari 13 Fakultas di Unmul mengikuti lomba ini. Berbeda dari dua tahun sebelumnya, kali ini sebanyak 11 tangkai lomba mewarnai penyelenggaraan MTQM 2017 Unmul. Diantaranya Tilawatil Quran, Tartilil Quran, Qiraat Sabah, Debat Kandungan Al-Quran Bahasa Arab, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Debat Kandungan Al-Quran Bahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah Al-Quran, Desain Aplikasi Komputer Al-Quran, Khaththil Quran, Hifzhil Quran 5 dan 10 Juz.

Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si saat membuka acara memulai sambutannya dengan membacakan hadist Rosulullah yang berbunyi “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mau belajar Al-Quran dan mengajarkannya”. “Kalau kita mau menjadi orang yang sebaik-baiknya maka jelas kita harus belajar Al-Quran dan tidak hanya itu tapi juga mengajarkannya. Baik terhadap keluarga, teman dan lingkungan sekitar kita,” tutur Prof. Masjaya.

Nantinya, sambung Rektor, dalam rangka Dies Natalis Unmul ke-55 kita juga akan melaksanakan khatam Al-Quran sebanyak 55 kali sesuai dengan umur Unmul. “Kami juga sudah mengundang Menteri agar bisa hadir dan juga harapannya acara ini dapat diikuti 55 PTN dan 55 Masjid di Kaltim. Semoga semua kader Qurani Unmul dapat mensukseskan acara ini nantinya,” imbuh Rektor.

“Selamat berlomba hari ini. InshaAllah akan terpilih yang terbaik. Bagi yang belum meraih sukses jangan berkecil hati bisa jadi itu adalah kesuksesan yang tertunda karena setiap dua tahun akan diagendakan acara serupa,” tutup Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul ini.

Untuk diketahui, pengumuman lomba akan diumumkan pada Selasa (09/05) sekitar pukul 14.00 WITA. Akan terpilih juara 1,2, dan 3 dan nantinya akan dipilih satu orang setiap tangkai lomba untuk mewakili Unmul dalam agenda MTQM Nasional yang akan terselenggara bulan Juli mendatang di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. (hms/rob)

Tinggalkan Komentar